Langsung ke konten utama

2 Day 1 Night PRAMUKA Cyber Island

Tanpa direncanakan sebelumnya, liburan kali ini cukup seru dengan beberapa teman yang baru saya kenal, kali ini saya belibur ke Pulau Pramuka dengan menggunakan travel tour 1 paket harga yang ditawarkan untuk 1 orang 365rb rupiah dengan jumlah 7 orang dengan meeting point Muara Angke.
Dengan Rundown

HARI PERTAMA :
06.00                : Ngumpul di Muara Angke
10.00                : Sampai di Pulau Pramuka
10.00 – 11.00    : Istirahat di penginapan, rapi-rapi, beres-beres, makan siang
11.30 – 17.00    : Snorkeling dan wisata ke P. Semak Daun, Air, SoftCoral,kunjungan ke nusa keramba, Penangkaran Hiu.
17.00 – 18.30    : kembali kepulau pramuka,Mandi, rapi2
18.30 – selesai  : makan malam, Acara Bebas.

HARI KEDUA :
05.00 - 06.30    : Sunrise
06.30 – 08.30    : Sarapan / makan siang
08.30 – 11.00    : Penangkaran Penyu, Jalan-jalan di P. Pramuka, Acara bebas
11.00 – 12.30    : Packing, persiapan pulang
12.30                 : Kembali ke Jakarta

Jumat, 22 Agustus 2014

Start Point dari Bandung menuju Grogol pukul 20.15 dengan menggunakan travel Cipaganti Pool BTC Pasteur, kami ber4 pergi dari Bandung sedangkan 3 teman baru saya lainnya menunggu di Jakarta, kebetulan kosan mereka dekat dengan pool Travel Cipaganti yang di grogol. Sampai di Grogol sekitar jam setengah 11 malam, dengan mata terkantuk-kantuk dan kami pun istirhat sejenak di kosan teman baru saya.

Sabtu, 23 Agustus 2014

Bangun jam setengah 5 pagi, siap-siap pergi ke Pelabuhan Muara Angke karena janjian sama Pak Erick di Meeting point jam 6 pagi sekalian pelunasan, untungnya salah satu teman kami ada yang cowonya baik banget mau nganter ke Muara Angke subuh-subuh, tapi sebenernya bisa kalau memakai transportasi umum seperti taxi dan angkot merah B01 yang langsung ke Pelabuhan jarak antara grogol ke pelabuhan cukup dekat sekitar 20 menit.
Di Pelabuhan Muara Angke banyak sekali pelelangan ikan-ikan segar dari laut, yang saya lihat tidak hanya ikan tetapi ada kerang, kepiting, cumi, dll tetapi kawasan sekitar pelabuhan baunya hanyir dan becek oleh genangan air.
akhirnya kami bertemu dengan Pak Erick yang punya Ericktravel di Pelabuhan namun karena Pak Erick memegang tour yang ke Pulau Pari akhirnya kami diserahkan ke Pak Mitun, langsung menaiki kapal, kami kebagian diatas dan diluar, setelah menunggu sekitar 1 setengah jam dikapal ngaret, akhirnya kapal pun jalan sekitar pukul 8 pagi harusnya kapal mulai bisa jalan jam 7 pagi

Jarak yang ditempuh untuk menyebrang ke Pulau Pramuka cukup jauh sama seperti ke Pulau Tidung sekitar 3 jam, angin cukup kencang dan matahari sudah semakin terik, jadi usahakan kalau naek kapal dari Pelabuhan Muara Angke cari tempat yang ketutup dan dekat dengan jendela dan yang paling penting sarapan sebelumnya biar ga masuk angin terus mabok ditengah jalan soalnya cukup lama perjalanannya,dan kalau mau simpen-simpen barang dikapal hati-hati soalnya kapal terguncang sama ombak yang besar.
Selama perjalanan kami disuguhkan dengan birunya laut dan melewati beberapa pulau Kepulauan Seribu, singgah dulu di Pulau Untung Jawa untuk mengisi bensin, terlihat dari kapal ternyata di Pulau Untung Jawa terdapat berbagai macam watersport, lanjutkan perjalanan melewati beberapa pulau seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kelor, Pulau Pari, Pulau Tidung dan masih banyak lagi pulau-pulau yang ga tau saya namanya karena hanya terlihat dari kejauhan.
                 Pulau Untung Jawa

Tibalah kami di dermaga Pramuka Cyber Island bahasa inggrisnya mah pukul 11 siang, terlihat tidak seperti pulau-pulau seribu lainnya pulau ini dipenuhi banyak kepala keluarga dan banyak penginapan, luas pulau ini sekitar 6-7 hektar, Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan kabupaten administrasi kepulauan seribu, jadi disini lengkap ada Rumah Sakit, Bank DKI dan ATMnya, dan terdapat kantor pemerintahan, warung, dan tempat makan, jadi ga perlu khawatir kelaparan kalau disini tapi memang harga pulau lebih mahal karena pasokan mereka dibeli dari kota

Langsung diarahkan oleh Pak Mitun ke tempat penginapan, alhamdulillah dapet service yang memuaskan, diberi 1 rumah dengan 2 kamar besar yang bersih dan ber AC, TV, toilet, dan Aqua galon dengan makan siang yang sudah disediakan, bumbunya mantap banget apalagi sotong saos tiramnya, dan menunya pun beda-beda setiap waktu  makan, ternyaata yang masak istrinya pak Mitun sendiri.

Beres makan siang dan siap-siap ganti baju buat basah-basahan, jangan lupa kalau yang punya kamera underwater kudu wajib dibawa ya, biar puas foto-foto pas snorkeling
dijemput jam 1 siang sama Pak Mitun, diarahkan ke kapal kecil dan Bang Jack yang sudah menanti di dermaga
Biruuuuu, gradasi laut yang menakjubkan ternyata di kepulaun seribu terdapat pulau2 cantik dengan pasir putihnya, menuju Pulau Gosong Subhanallah Kereeenn, pulau ini hanya timbul setengah hari sama seperti Pulau Pasir di Belitung malah kalau lebih pagi pasir yang timbul bisa berdiameter besar sampai-sampai bisa bermain bola disitu, sambil berfoto-foto dan sebagian lagi belajar snorkeling sama Pak Mitun kami diberikan beberapa trik bernafas untuk menyelam dengan menggunakan alat snorkeling.

Sudah mahir dan puas menikmati Pulau Gosong lanjutkan ke spot SoftCoral spot Snorkeling yang tidak jauh dari Pulau Gosong, emang bersih banget kereeeenn, mirip di Belitung keindahan bawah lautnya dengan berbagai macam jenis ikan dan karang-karang cantik, ga tunggu lama kami pun langsung nyebuur, bergantian berfoto dalam underwater yang diarahkan olah Pak Mitun dan Bang Jack, keceee banget deh

Cape snorkelingan akhirnya kami pun singgah untuk beristirahat sejenak di Pulau Semak Daun,disini kami beli kelapa muda dan gorengan panas, lumayan buat isi tenaga untuk 1 kelapa muda dihargai 15rb dan untuk 1 gorengan 2rb, cukup mahal, tapi sekali-sekali lah yaa. Pulau Semak Daun merupakan pulau yang ga ada rumah penginapan disini banyaknya tenda-tenda orang yang menginap jadi buat kalian yang mau menginap dengan ala-ala camp/tenda bisa ko disini dengan sewa tenda 85rb/malam dan kalau mau menggunakan toilet disini harus nimba sumur dulu buat airnya.

Sejenak melepas lelah, kami pun melanjutkan perjalanan ke Nusa Keramba yaitu tempat penangkaran ikan Hiu, banyak wisatawan yang singgah untuk melihat jenis ikan predator ini, ternyata didalam satu tambak, ikan hiu disatukan dengan ikan-ikan besar lainnya, kalau disini hati-hati yah soalnya kalau kejebur bisa dimakan sama hiunya beda dengan tempat penangkaran hiu yang di Karimun Jawa

Ga lama melihat hiu, kami melanjutkan perjalanan dan pak mitun memberikan pilihan antara pulang atau snorkeling lagi, ternyata beberapa dari kami memilih snorkeling lagi tetapi beda spot dan hanya sebentar soalnya hari sudah senja dan kami pun sudah lelah berlaut seharian
Kembali ke Pulau Pramuka menikmati sunset sejenak di dermaga pulau, membersihkan diri dan makan sore, bersiap-siap untuk barbeque malam, kebetulan warga sekitar sedang merayakan pesta 17 Agustusan, acara diadakan di dekat dermaga, banyak warga berkumpul, beraneka macam jajanan dan saya pun tergoda untuk mencoba makanan unik papeda telor
Barbeque ikan dan sotong sudah siap, sambil diiringi musik dangdut kami lahap sekali menyantapnya, ikan segaaaarr dan dagingnya yang gurih membuat kami melahapnya terus-menerus

Kenyang dengan ikan segar, sebelum kembali ke penginapan kami menikmati panggung dangdut 17an sejenak, bergurau dengan warga sekitar

Minggu, 24 Agustus 2014

Bangun subuh, bersiap-siap menikmati sunrise di pantai mangrove Pulau Pramuka jarak ke penginapan cukup dekat dengan berjalan kaki, namun saya berniat untuk jogging pagi mengelilingi pulau pada saat itu lumayan untuk membakar kalori barbeque semalam, 20 menit sudah bisa mengelilingi 3 putaran Pulau Pramuka

Kembali ke penginapan untuk sarapan, jam 8 pagi dijemput oleh pak Mitun untuk mengunjungi Rumah Penyu di dekat pantai mangrove, jenis penyu disini adalah penyu sisik memang tempurungnya bersisik dan warnanya yg coklat, hati-hati kalau memegang penyu dewasa karena bisa-bisa jari kita digigit jumlah keseluruhan penyu disini sangat banyak dikelola oleh salah satu warga sekitar yang peduli lingkungan dan ekosistem laut terutama penyu

Tak mau membuang-buang waktu kami pun menikmati wahana watersport banana boat, ditengah perjalanan kami menemui penjual oleh-oleh dengan gerobak dorongnya ternyata mereka berasal dari Pulau Panggang, hampir semua harga persatuannya 10rb, rata-rata mereka menjual rumput laut, ikan asin, dodol rumput laut, manisan rumput laut dan kerupuk ikan. Sampai di tempat banana boat berada, wahana ini ditawari biaya sewa 150rb untuk 1 banana yang bisa dinaiki olah 4-7 orang dengan 3 kali jatuh, namun pada saat itu kami hanya ber5 jadi patungan 30rb/org, hati-hati ketika menaiki wahana ini dan diharuskan mengikuti instruksi dari guide karena pada saat itu salah satu dari kami pelipis matanya sobek tidak sengaja terkena kaki teman belakangnya dan harus dijahit, untung saja Pulau Pramuka memiliki fasilitas Rumah Sakit yang siap siaga 24 jam

Kembali ke penginapan, kami pun bergantian mandi dan bersiap-siap untuk kembali ke Jakarta, kapal sudah menanti di dermaga dan berangkat sekitar pukul 1 siang

Jam setengah 4 sore tiba di Pelabuhan Muara Angke dan kami menyewa taxi untuk ke grogol di sekitar pelabuhan dan tidak bisa pake argo jadi harus nego
Sampai di grogol dan waktunya kembali ke Bandung dengan menggunakan travel Cipaganti jam setengah 7 malam kali ini ke arah Gatsu
Alhamdulillah sampai di kota tercinta dengan selamat jam 10 malam
Liburan singkat yang menyenangkaaaaann!!

Postingan populer dari blog ini

11 Hari untuk Lombok - Flores

Cerita 11 Hari  Mungkin ini adalah termasuk perjalanan saya terlama di tahun 2018, karena saya memutuskan untuk mengexplore Lombok-Komodo-Labuan Bajo. Dimana kali ini saya menikmati liburan berdua saja dengan sahabat saya yang bernama Ina yang asalnya dari jogja "wong jogja".  Seperti biasa trip kali ini awalnya sama sekali ga direncanakan. Sebenarnya sih awalnya iseng-iseng liat open trip sailing Komodo yang meeponya dari Lombok, dan alhasil saya bahas berdua dengan ina, dan akhirnya ga disangka kami memutuskan untuk joint open trip Wujitravel dan langsung cari tiket 24.03.18 Bandara Soetta-Lombok Kami memulai perjalanan dari Bekasi pukul 02.00 menggunakan Damri Bekasi-soeta dengan ongkos Rp 45.000. Sekitar 1 jam perjalanan, sampailah di bandara dan antrian terminal 1a untuk Lion sudah terlihat panjang sekali. Untungnya penerbangan tidak ada delay dan perjalanan on time.  Sup ir mobil di Bandara maksa 08.15 WITA) Sesampainya di Bandara Lombok,

Family Vacation Belitung

Well, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga... Yapp, Belitung Island salah satu destinasi favorit untuk liburan.. Kita pergi ber 8 orang, 5 diantaranya pergi dari Bandung termasuk saya dan 3 sepupu pergi dari Jakarta Day 1  Ketiba di pool Primajasa jam 23.45 kami ber5 menggunakan armada ini sebagai akses untuk menuju bandara.. Pukul 12.15 bus sudah mulai jalan, alhmdlh jalan lancar dan kami tiba pukul 02.15 Kepagiaaann.. Tidur-tidur lenje di bandara biar nanti nyampe belitung badan seger..   Menunggu sekitar 3jam akhirnya kami semua kumpul dan mulai check in dengan maskapai Citilink tiket untuk pp Jkt-Tanjung pandan sekitar 1,2jt  Penerbangan pukul 05.55 sampai di tanjung pandan pukul 06.55 Sebelum landing terlihat dari pesawat suasana pulau yang masih alami dengan pepohonan dan hutan2 yang lebat   Itukah Pulau Belitung??? Yaaaaa, wohooo im here now... Landing di bandara tanjung pandan, bandara termini yg pernah aku jumpai, hanya ada 3 maskapai Citil

LABENGKI SOMBORI, Pesona si biru di tengah dan tenggara Sulawesi

Sebagai Thalassophile saya bakal terus mencari keindahan laut di bumi pertiwi ini, tapi tidak menutup kemungkinan untuk explore yang lainnya karena soal pesonanya Indonesia ga ada habisnya. Yap, sebenarnya destinasi Labengki Sombori ini bener dadakan banget malah awalnya rencana ke Makassar-Toraja dan udah beli tiket jauh-jauh hari tapi karena problem akhirnya tiket di refund dan langsung ganti destinasi karena uda terlanjur ngajuin cuti. Kan sayang kalau cuma cuti di kostan doang. Yesss, diputuskanlah ke si biru cantik di Sulawesi Tengah dan Tenggara karena harga tiket dan paket open tripnya yang terjangkau juga. To the point di awal aja ya guys, saya pake travel ot yg sangat recommend cek aja di ig @hepifamilytravel yg tl namanya bang Anchu, bang ryan, bang adhi, dan bang temon . Low budget, service exelent!, Perjalanan kali ini saya daftar sendiri lagi, well gpp sih nti juga pasti bakal dpt temen kan namanya juga open trip yg pasti nanti bakal kenalan, ya karna ini ot yg kesekian